Takut dan Cemas Ketemu Keluarga Saat Lebaran?

Description

Hari raya lebaran semakin dekat, pastinya ini menjadi momen spesial karena momen langka untuk keluarga besar dan kerabat berkumpul.

Namun ternyata berkumpul bersama keluarga besar dan kerabat tidak selalu menjadi hal yang baik bagi beberapa orang, karena pertemuan ini menimbulkan kecemasan atau social anxiety. Keadaan ini dicirikan adanya perasaan sangat kewalahan dan ketakutan yang muncul ketika seseorang harus dihadapkan dengan situasi sosial, seperti bertemu dengan orang lain, bicara di depan umum, dan lain-lain. Tentunya, keadaan ini lebih dari sekedar rasa malu. 

Keadaan ini bisa menjadi suatu gangguan psikologis, jika berlangsung lama dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu yang disebut sebagai social anxiety disorder atau social phobia.

Apa yang menyebabkan rasa cemas ini muncul?

Hal ini biasanya dipicu oleh situasi yang membuat seseorang tidak nyaman dan berulang, contohnya seperti dipertanyakan terus "Kapan menikah?" "Kok belum punya anak". Nah, biasanya pertanyaan atau pernyataan yang membuat tidak nyaman jika terjadi berulang kali, efeknya bisa membuat seseorang menarik diri atau justru menjadi impulsif.

Tekanan sosial ini bisa jadi membuat orang membuat keputusan impulsif, seperti buru-buru menikah atau memiliki anak padahal dirinya belum siap untuk mengambil komitmen tersebut. Jangan sampai menikah atau punya anak hanya karena kamu malas ditanya-tanya terus ya, KALMers!  Kamu wajib mempersiapkan diri sebelum menikah dan punya anak dengan lebih matang, persiapannya bisa dipelajari di sini. 

Bagaimana menghadapi rasa takut dan cemas ini?

1. Buat batasan, karena kamu tidak harus selalu menjawab pertanyaan mereka, lho!

2. Menjauh dulu, kamu bisa cari tempat yang jauh dari keramaian untuk menenangkan dirimu.

3. Coba teknik relaksasi, seperti grounding atau olah pernapasan. Kamu bisa cek cara mencoba teknik relaksasi di sini

4. Terakhir, jika bertemu keluarga saat lebaran ini membuat kamu selalu cemas berlebihan, kamu bisa berbicara dengan Kalmselor untuk mengatasinya ya. Jangan dipendam sendiri, oke?

Penulis: Emmanuela

Editor: Rachma Fitria

Reference: 

https://www.nhs.uk/mental-health/conditions/social-anxiety/ 

Dellanita, Anya., Nariswari, Sekar Langit. (May, 2022). Social Anxiety saat Kumpul Keluarga, Begini Cara Menghadapinya. Retrieved from: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/01/080000520/social-anxiety-saat-kumpul-keluarga-begini-cara-menghadapinya?page=all

 

Baca Artikel Lainnya

Anxiety Bikin Asam Lambung Naik, Emang Bisa?

Selama ini yang kita tahu penyebab asam lambung naik itu makanan pedas, tapi ternyata bisa juga dari rasa cemas/anxiety berlebihan, lho! Asam lambung kambuh bukan lagi karena makan tidak teratur, t...

KALM Tips: Cara Berhenti Bandingkan Diri Menurut Kalmselor Grace

Kebiasaan membanding-bandingkan atau social comparison rasanya telah turun temurun dilakukan oleh banyak orangtua yang sering membanding-bandingkan anaknya dengan anak teman atau anak tetangga. Bud...

Worry Time: Luangkan Waktumu untuk Cemas

Bagi orang yang sering cemas, perasaan cemas ini cenderung ingin dihilangkan atau dihindari karena keberadaannya yang dirasa mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi berbeda menurut seorang psikolog ...

Temukan topik yang sesuai denganmu

Ikuti update artikel psikologi dari KALM