10 Tanda & Kebiasaan si Highly Sensitive Person

Description

Setelah mengenal apa itu Highly Sensitive Person di artikel Highly Sensitive Person: Tidak Ada yang Salah Jadi Sensitif! sebelumnya, kamu mungkin penasaran, apakah kamu seorang Highly Sensitive Person? Memangnya bagaimana sih karakteristik Highly Sensitive Person dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut adalah 10 hal dalam kehidupan sehari-hari yang menandakan kamu seorang HSP!

1. Sering Dibilang Baperan

HSP cenderung merespon sesuatu lebih kuat dari orang pada umumnya. Tak jarang orang lain menganggapmu berlebihan. Hal ini pun terkadang sampai membuatmu bertanya-tanya mengapa kamu sangat mudah terpengaruh oleh dunia di sekitar sementara orang lain mengabaikannya. Seorang HSP sering merasa ada yang salah dengan mereka karena begitu sensitif.

2. Sulit Menerima Kritik

HSP bereaksi lebih kuat terhadap kritik. Satu kritikan kecil dapat membuat mereka memikirkannya berhari-hari. Oleh karena itu, mereka selalu berusaha keras menghindari kritik dengan menjadi perfeksionis dan bekerja ekstra keras. Akhirnya hal ini menyebabkan mereka mudah kelelahan.

3. Detail Oriented

Kebanyakan HSP sangat berorientasi pada detail. Mereka memahami situasi spesifik dan memperhatikan perubahan sekecil apapun. Orientasi detail ini adalah hal yang positif di beberapa situasi. Misalnya, kepekaanmu akan kesukaan, ketidaksukaan, dan preferensi orang lain membuatmu mudah terhubung dengan mereka. Tetapi di sisi lain, ketelitianmu bisa berubah menjadi perfeksionisme yang toxic jika tidak dikelola dengan hati-hati.

4. Empati yang Tinggi

Kamu memiliki kemampuan yang tajam untuk merasakan dan memahami perasaan, kebutuhan, dan ketidakamanan orang lain. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa HSP terbukti memiliki neuron cermin (bagian otak yang berfungsi untuk meniru dan memahami emosi orang lain) yang lebih aktif. Kecerdasan emosional ini menjadikanmu pandai berkomunikasi dan resolusi konflik. Sayangnya, kamu mungkin mudah terjebak jadi People Pleaser dengan menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhanmu sendiri. Hati-hati, ya!

Baca artikel tentang People Pleaser di sini: Inilah 5 Penyebab Seseorang Jadi People Pleaser dan Tips Berhenti Jadi People Pleaser

5. Hati-hati dalam Bertindak

Kamu tidak sembarangan merespons sesuatu. Sebagai orang yang sangat sensitif, kamu biasanya memikirkan dan mempertimbangkan banyak hal sebelum merespons sesuatu. Kamu akan menggunakan keterampilanmu dalam memahami situasi dan mengintegrasikan informasi yang kompleks. Sehingga respons atau tindakan yang kamu tampilkan terukur.

6. Sulit Mengambil Keputusan

Kehati-hatianmu dalam bertindak membuatmu sering kesulitan membuat keputusan. Kamu khawatir dan takut memilih opsi yang salah bahkan untuk hal yang sepele sekalipun. Hal ini dikarenakan HSP sangat berhati-hati tentang bagaimana sebuah keputusan dapat berdampak pada orang lain.

7. Makna Hidup Adalah Hal Penting

Setiap perilaku yang ditampilkan oleh seorang HSP didorong oleh faktor intrinsik dalam diri. Misalnya, dalam memilih pekerjaan kamu akan lebih mempertimbangkan pekerjaan yang membuatmu senang alih-alih mengambil pekerjaan hanya untuk mendapatkan gaji. Kamu tidak masalah dengan kehidupan yang sederhana asalkan bahagia.

8. Memiliki Hubungan Kuat dengan Orang Lain

Karena empati yang kuat, kamu biasanya juga memiliki hubungan dekat yang dalam dengan orang lain. Kamu sangat peduli dengan orang-orang di sekitarmu seolah kamu sudah terhubung dengan mereka dalam banyak hal.

9. Mudah Merasa Stres dan Tertekan

Bekerja di bawah deadline adalah salah satu yang membuatmu cemas. Hari yang sibuk terasa sangat menakutkan karena tugas yang tanpa henti sangat mudah membuatmu kewalahan. Itulah mengapa penting untuk menemukan cara untuk mengatur waktu, sehingga kamu dapat mengatur energimu.

10. Kehidupan Batin yang Kuat

HSP memiliki kehidupan batin yang kuat. Dalam artian, kamu adalah seorang pemikir kreatif yang sangat orisinal yang sangat paham tentang diri. Tak jarang bahkan kamu terlalu banyak berpikir dan menganalisis pengalaman sehari-hari, yang menyebabkan kamu membelok dari pemahaman diri ke kritik diri.

Nah, itu adalah 10 tanda dan kebiasaan seorang Highly Sensitive Person. Bagaimana menurutmu? Mana poin yang kamu banget?

Menjadi seorang yang peka dan sensitif bukanlah perkara mudah. Jika kamu bingung dan kesulitan menerima emosimu yang kuat, jangan ragu untuk konseling ya! Kalmselor akan membantumu memikirkan cara agar kamu dapat memanfaatkan sifat-sifat sensitif ini sebagai kekuatan dan membekalimu dengan tips dan skills mengelola emosimu. Unduh Aplikasi KALM (di sini) untuk konseling secara online dengan Kalmselor profesional.

Sekian artikel kali ini, sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

 

Penulis: Rachma Fitria

Editor: Lukas Limanjaya

Sumber:

Wilding, M. (2021, June 28). 14 traits of highly sensitive people. Psychology Today. Retrieved from: https://www.psychologytoday.com/intl/blog/trust-yourself/202106/14-traits-highly-sensitive-people

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...