Kalmnesia 2021: Mental Seimbang Diri Berkembang

Description

Jakarta, 9-10 Oktober 2021 — KALM kembali mengadakan event Kalmnesia untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober. Berbeda dengan tahun lalu, Kalmnesia kali ini dilaksanakan selama dua hari mengingat antusiasme KALMers cukup tinggi. Acara ini dipandu oleh Nabila Advani sebagai MC di hari pertama dan Ina Luthfie sebagai MC di hari kedua.

Mental Seimbang Diri Berkembang

Tema Kalmnesia tahun 2021 ini adalah “Mental Seimbang Diri Berkembang.” Tema ini mengacu pada tema Hari Kesehatan Mental Sedunia yaitu, “Mental Health in an Equal World.” Saat kondisi dunia dipenuhi ketidaksetaraan, terkhusus pada akses kesehatan mental. KALM ingin berkontribusi meningkatkan kesadaran bahwa semua orang, terlepas dari kondisi atau status yang melekat, berhak memperoleh kesetaraan akses kesehatan mental. Tujuan akhirnya tentu supaya tercipta keseimbangan dan kesejahteraan mental.

Wellness Sessions, Talkshow, hingga Workshop

Tak kalah dengan tahun lalu, kali ini KALM juga mengundang bintang tamu yang tidak kalah berbobotnya. Mulai dari Kalmselor di KALM, Influencers, hingga artis papan atas hadir di Kalmnesia tahun ini.

Bintang tamu yang hadir antara lain Rose Mystica, sebagai pembuka acara. Kemudian Jelita Permata dan Jodisthy Flamingody yang mengisi Wellness sessions. Ada juga berbagai talkshow yang diisi Caca Tengker, Rory Asyari, Andrea Gunawan, Lex dePraxis, Kalmselor Angellia Lestari, Reza Chandika, Peter Shearer, Avia Athalia, Bunga Delima, dan Anastasia Satriyo. Hingga Workshop oleh Andra Alodita, Kalmselor Hertha Hambalie, Kalmselor Wenny Aidina, dan Kalmselor Karina Negara. Terakhir ada Avia Athalia dan Audrey Tapiheru di closing performance.

Donasi Untuk Parakerja

Sejalan dengan tema yang dipilih oleh KALM yaitu, “Mental Seimbang Diri Berkembang,” sebagian dari hasil penjualan tiket Kalmnesia didonasikan untuk Parakerja. Parakerja sendiri adalah platform pendidikan untuk penyandang disabilitas dan non disabilitas. Tujuannya agar mereka memiliki kesetaraan dalam aspek pendidikan, aksesibilitas, dan pekerjaan.

Dana sebesar Rp3.775.000,- yang terkumpul diserahkan secara resmi oleh Karina Negara, selaku Co-founder KALM di akhir acara dan diterima oleh Rezki Achyana sebagai perwakilan Parakerja.

“Terima kasih atas partisipasi teman-teman atas donasi yang terkumpul. Dana ini selanjutnya akan digunakan untuk membuat program-program yang bertujuan memberikan akses kepada teman-teman disabilitas dalam hal kesehatan mental,” ungkap Rezki Achyana.

Tanggapan KALMers

Sebagian besar KALMers mengatakan bahwa acara ini insightful, inspiratif, seru, dan sangat sayang untuk dilewatkan. Banyak KALMers yang juga membagikan antusiasme mereka selama mengikuti acara di Instagram Story masing-masing. Terima kasih KALMers, KALM juga senang jika acara Kalmnesia ini memberi manfaat untuk KALMers semuanya!

Baca juga artikel event KALM lainnya ini: Latihan Jadi Teman Curhat Bersama KALM dan Webinar KALM untuk Populix: Bebaskan Diri Dari Stres

Untuk event-event menarik selanjutnya jangan lupa follow dan pantengin terus Instagram KALM di @get.kalm dan Twitter di @get_kalm! Kamu juga bisa mengunduh Aplikasi KALM (unduh di sini) untuk menikmati fitur Well-being Tracker dan Gratitude Journal secara gratis. See you in the next event, KALMers!

Penulis: Rachma Fitria

Editor: Lukas Limanjaya

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...