Zoom Fatigue: Ketika Meeting Virtual Semakin Melelahkan

Description

Adakah diantara KALMers yang sejak melakukan WFH (Work From Home) merasa semakin kelelahan setiap selesai bekerja? Padahal ketika bekerja dari rumah, tidak perlu menghadapi kemacetan, atau bangun lebih awal untuk bersiap-siap berangkat. Hmm… hati-hati, bisa jadi yang KALMers rasakan adalah Zoom Fatigue.

Semenjak pandemi dan harus bekerja maupun belajar dari rumah, kita dituntut untuk segera beradaptasi dengan menggunakan berbagai platform meeting virtual seperti Google Meets, Microsoft Teams, atau Zoom untuk berkomunikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada karyawan Microsoft dan beberapa perusahaan lainnya, menunjukkan bahwa selama pandemi, durasi dan jumlah meeting yang dilakukan setiap orang bertambah. Peningkatan meeting online yang terjadi ini, memungkinkan timbulnya Zoom Fatigue.

Apa itu Zoom Fatigue?

Zoom Fatigue sendiri adalah kondisi kelelahan, kecemasan, dan burnout yang ditimbulkan karena penggunaan platform komunikasi virtual yang berlebihan. Zoom Fatigue ditandai dengan perasaan frustrasi, kesulitan konsentrasi, mudah lupa,  munculnya keluhan-keluhan fisik seperti nyeri otot, kelelahan dan insomnia, hingga menjadi sering timbul masalah dengan rekan kerja, lho!

Baca artikel tentang stres dan burnout di sini: Webinar KALM untuk Populix: Bebaskan Diri Dari Stres5 Fase Burnout, Kamu Yang Mana?, dan Bye-bye Burnout: Cara Mencegah Burnout

Mari kita cari tahu bersama KALMers, mengapa Zoom Fatigue ini dapat terjadi. Simak artikelnya ya!

Penyebab Zoom Fatigue

Terbatasnya Interaksi Sosial

Melakukan meeting secara online membuatmu kesulitan untuk mengenali ekspresi wajah, intonasi suara, dan juga menjaga kontak mata dengan lawan bicara sehingga menuntut otak bekerja lebih keras hingga kelelahan.

Ekspektasi untuk Selalu ‘Standby’

Dengan adanya kemudahan teknologi untuk melakukan meeting, memungkinkan semakin mudahnya untuk melakukan meeting secara tidak terencana. Akibatnya jam kerja dan batasan pun semakin tidak jelas. Kita seolah dituntut untuk selalu di depan laptop setiap saat.

Suasana yang Tidak Kondusif

Suasana dan kondisi tempat tinggal yang berbeda-beda pada setiap orang. Berbagai gangguan seperti kesulitan sinyal, suara anak menangis, kendaraan lewat, tentu hal yang sangat mungkin terjadi. Hal inilah yang sering kali membuat kita jadi sulit berkonsentrasi.

Meningkatnya Tuntutan Multitasking

Kita paham WFH membuat batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi tidak jelas. Batasan yang rusak ini memaksa kita melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Bekerja sambil mengajari anak mengerjakan PR? Bukan hal yang tidak mungkin. Akhirnya kelelahan tidak bisa dihindari.

Adanya Stres Akibat Pandemi

Kita semua setuju bahwa pandemi telah berdampak pada hampir semua aspek kehidupan. Rasa takut dan cemas terhadap kondisi kesehatan kita. Hingga masalah keuangan karena perekonomian menurun adalah pemicu stres yang tidak dapat terelakkan.

Hal yang Bisa Dilakukan

Nah, setelah paham penyebabnya, sekarang KALM akan memberikan tips agar KALMers dapat meminimalisir dampaknya. Berikut tipsnya:

  1. Buat agenda meetingmulai dari jam, durasi dan poin-poin pembahasan yang akan disampaikan.
  2. Kondisikan tempatmu melakukan online meeting seperti mencari tempat yang lebih tenang, posisi duduk yang nyaman, dll.
  3. Beri jeda antara satu meeting dengan meeting lainnya untuk melakukan peregangan, mengistirahatkan mata dan otak.
  4. Matikan kamera jika tidak terlalu diperlukan, menyalakan kamera saat meeting bisa sangat menguras energi, lho!
  5. Alihkan pembahasan melalui chat, E-mail atau audio call jika memungkinkan.

Jika KALMers mulai merasakan kelelahan setiap kali keluar dari ruangan meeting virtual, lebih baik untuk segera mengkonsultasikan pada Kalmselor di Aplikasi KALM (unduh di sini). Jangan sampai kondisi kesehatan mental kamu menjadi lebih serius ya!

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kondisi kesehatan mental karyawan, KALM juga memiliki layanan Kalmporate dalam bentuk asesmen psikologi, webinar, workshop, hingga group counseling yang siap membantumu. Jika tertarik dan ingin tahu lebih lanjut mengenai Kalmporate, silakan hubungi kami di [email protected]!

 

Penulis: Nadya Anindita

Editor: Rachma Fitria & Lukas Limanjaya

Sumber:

Lee, Jena. (2020, November 18). A Neuropsychological Exploration of Zoom Fatigue. Psychiatric Times. Retrieved from: https://www.psychiatrictimes.com/view/psychological-exploration-zoom-fatigue

White, Taneasha. (2021, February 22). ‘Zoom Fatigue’ Is Real – Here’s How to Cope (and Make It Through Your Next Meeting). healthline. Retrieved from : https://www.healthline.com/health/zoom-fatigue

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...