KALM Ungkap Kepedulian Isu Sosial Lewat Human Trafficking Training untuk Kalmselor

Description

KALM X Unbound Indonesia

Jakarta, 29 Oktober 2021 — KALM kembali dengan event terbaru, nih. Event kali ini spesial banget karena konsepnya dari KALM untuk KALM. Yup, event Kalmselor Training hasil kolaborasi dengan Unbound Indonesia ini dibuat khusus untuk para Kalmselor, KALMers.

Event ini adalah bentuk apresiasi dan dukungan untuk para Kalmselor bahwa KALM tidak hanya hadir sebagai platform supaya Kalmselor mampu menjangkau lebih banyak klien tetapi juga sebagai media bagi Kalmselor untuk terus menambah skill dan wawasan lewat berbagai training yang telah disiapkan oleh KALM. Acara ini juga merupakan wujud komitmen KALM untuk terus berusaha memberikan layanan terbaik untuk para KALMers. KALM memastikan bahwa setiap Kalmselor yang berpraktik di KALM adalah Kalmselor profesional yang terus dipantau profesionalitasnya dan dibekali berbagai ilmu.

Dimulai dengan Town Hall Meeting Kalmselor

Acara diawali dengan Town Hall Meeting yang dimoderatori oleh Kalmselor Coordinator, Wenny Aidina. Sambutan acara dan penjelasan mengenai Layanan Konseling KALM juga diberikan secara langsung oleh Direktur dan Co-Founder KALM, Lukas Limanjaya. Pada kesempatan ini Lukas menyampaikan bahwa KALM akan terus berprogres memperjuangkan hak para profesional di bidang kesehatan mental. 

“Karena cita-cita kita nggak cuman memberikan layanan kepada masyarakat tetapi juga memperjuangkan hak penyedia kesehatan mental (dalam hal ini Psikolog dan Konselor). KALM ingin menjadi bagian dari orang yang merawat orang,” tutupnya.

Tips untuk Kalmselor

Materi dilanjutkan dengan tips praktis demi kelancaran konseling dengan metode ongoing chat yang disampaikan oleh Kalmselor Coordinator, Cut Maghfirah Faisal. Tips yang tersebut diharapkan mampu menjawab beberapa kendala yang dikeluhkan oleh Kalmselor. Misalnya masalah ekspektasi Klien yang menginginkan balasan real time. Dalam hal ini, Kalmselor Cut Maghfirah menyarankan agar para Kalmselor bisa mengkomunikasikan batasan dengan menjelaskan mengenai metode konseling ongoing chat KALM. Selain itu, masalah push notification aplikasi pun juga telah diperbaiki.

Town Hall Meeting pun diakhiri dengan pengumuman Kalmselor of the Month bulan November, KALMers!

Congratulations kepada Kalmselor Larasati Margaretha, Grace Maretta, Hertha Hambalie, Vensi Gunawinata, dan Cut Maghfirah Faisal yang telah terpilih sebagai Featured Kalmselor of the Month!

Kalmselor Human Trafficking Training dari Unbound Indonesia

Nah, sesi selanjutnya adalah Training Kalmselor mengenai Human Trafficking oleh Unbound Indonesia. Unbound Indonesia sendiri adalah organisasi non-profit yang aktif mengedukasi masyarakat mengenai bahaya perdagangan manusia dan menyediakan tempat yang aman bagi para korban perdagangan manusia. Materi mengenai perdagangan manusia ini disampaikan oleh Tesa Pelealu sebagai Assistant Director Unbound Indonesia.

Penjelasan ini diharapkan memberikan awareness bahwa perdagangan manusia adalah masalah kita bersama. Dengan memahami bahwa masalah ini dapat terjadi pada siapa pun, Kalmselor diharapkan mampu memberikan kontribusinya sebagai profesional di bidang kesehatan mental dalam memerangi masalah ini. Memberikan dukungan mental untuk para korban penyintas perdagangan manusia adalah salah satu contohnya.

Baca artikel event KALM lainnya di sini: Kalmnesia 2021: Mental Seimbang Diri BerkembangMenemukan Ikigai Bersama KALM, dan Latihan Jadi Teman Curhat Bersama KALM atau unduh Aplikasi KALM di sini (unduh) untuk membaca lebih banyak lagi artikel-artikel lain!

Training ini disambut antusias oleh para Kalmselor. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pertanyaan yang ditanyakan dalam sesi Q&A.

Bagaimana pendapatmu mengenai acara ini, Kalmselors? Semoga training ini bermanfaat ya!

Penulis: Rachma Fitria

Editor: Lukas Limanjaya

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...