Tentang Diri: Cara Menentukan Menu Self-care yang Tepat Untukmu

Description

KALMers, apa menu self-care favoritmu? Tidur seharian saat weekend atau jalan-jalan bersama teman dan keluarga?

Menu self-care bisa jadi berbeda bagi setiap orang. Satu self-care bisa jadi bermanfaat bagi satu orang namun tidak bagi orang lain. Hal ini dikarenakan kebutuhan masing-masing orang sangat spesifik dan berbeda.

Lalu bagaimana caranya menentukan menu self-care yang cocok untuk diri sendiri? Berikut tips dari KALM!

Penuhi Kebutuhan Fisik Dahulu

Kebutuhan fisik sangat penting agar bisa berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, menu self-care ini bersifat wajib dan tidak bisa kita lewatkan, KALMers.

1. Tidur

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7 – 9 jam tidur setiap harinya. Tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup secara teratur dapat memengaruhi suasana hati, konsentrasi, dan kesehatan, lho!

2. Makanan Bernutrisi

Nutrisi yang baik tidak hanya empat sehat lima sempurna, KALMers. Tetapi juga tentang pola makan. Apakah kita terbiasa menunggu sampai kelaparan terlebih dulu baru akan makan dengan terburu-buru atau kita memberi diri cukup waktu untuk makan perlahan, secara berkala, sehingga dapat menikmati makanan?

3. Olahraga

Pedoman aktivitas fisik merekomendasikan orang dewasa untuk berolahraga minimal 150 menit dengan aktivitas sedang setiap minggunya. Agar tidak menjadi beban, memilih olahraga yang kita sukai adalah kuncinya.

Kebutuhan Mental Jangan Lupa!

Kebutuhan mental mengacu pada kebutuhan kognitif. Pilih kegiatan yang memberi energi pada otak sehingga membantu kita bisa tetap fokus.

1. Manajemen Stres

Stres memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Penting untuk mengetahui hal-hal yang membuatmu stres dan mempertimbangkan menu self-care yang bisa mengelola stres itu.

2. Batasan

Batasan membantu kita melindungi waktu yang kita sisihkan untuk diri sendiri. Menetapkan batasan ini mungkin melibatkan: mengatakan tidak ketika kita tidak ingin melakukan sesuatu dan mengkomunikasikan kebutuhan secara langsung kepada orang lain.

3. Kemampuan Kognitif

Memperluas dan memperkuat pikiran kita dapat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Pilihan self-care yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif misalnya dengan belajar hal baru, membaca buku, atau bermain game untuk meningkatkan konsentrasi.

4. Istirahat

Berikan waktu pada diri beristirahat untuk memberi ruang otak untuk mengisi ulang daya. Bentuk self-care ini bisa dengan memberi jeda waktu memakai gadget, jalan-jalan di alam, atau tidur siang sebentar untuk mengistirahatkan otak.

Tak Kalah Penting, Kebutuhan Emosional dalam Self-Care

Self-care emosional berhubungan dengan pengelolaan perasaan untuk melindungi kondisi kesehatan mental kita.

1. Berlatih Mindfulness

Sulit untuk mengijinkan emosi untuk mengarahkan kita ketika kamu saja tidak tahu apa arti emosi. Meditasi atau journaling merupakan pilihan yang bagus karena akan membantu kita memahami dan mendalami emosi dan perasaan. Berbagi perasaan dengan orang yang kita percayai juga dapat membantu.

2. Afeksi

Kasih sayang adalah kebutuhan setiap orang. Kasih sayang dapat memberimu dukungan emosional dan membantumu terkoneksi dengan orang lain. Luangkan waktu untuk bertemu dan mengobrol dengan orang-orang terkasihmu.

Terakhir, Tanyakan pada Diri

Nah, setelah mengetahui basic self-care yang wajib, kamu bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan diri. Tanyakan beberapa pertanyaan dasar ini:

1. Apakah ini sesuai dengan karakterku?

Kita mungkin membaca berita yang mengatakan bahwa berkebun bermanfaat untuk kesehatan mental, namun sebenarnya kita bukan tipe orang yang suka kotor. Maka self-care ini sebenarnya tidak cocok untuk kita. Jangan memaksa diri melakukan hal yang tidak kita sukai, ya!

2. Apakah ini sesuai dengan keadaan finansialku?

Kita semua paham olahraga adalah salah satu self-care yang penting. Oleh karenanya kita mungkin memepertimbangkan untuk bergabung club fitnes yang mahal supaya bisa rutin berolahraga. Nah, di sini kamu perlu berhati-hati. Jika hal ini tidak sesuai dengan budget yang kita miliki bisa jadi kita justru malah tertekan dan stres oleh biaya.

3. Apakah aku memiliki waktu untuk melakukannya?

Self-care yang baik adalah yang bisa dilakukan sendiri dan secara rutin. Bukan hanya di saat-saat kita paling merasa stres. Pilih self-care yang bisa kita lakukan setiap saat.

Mempelajari lebih banyak tentang kebutuhan kita secara spesifik akan membantu kita menemukan cara yang lebih efektif untuk merawat diri sendiri. Setelah kita mengidentifikasi kebutuhan pribadi, kita bisa mulai membuat daftar self-care harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

Baca artikel lainnya di sini: Self-Care Ketika Kita Harus Work From HomeSesi Minum Teh Dengan KALM Untuk Kesehatan Mental, dan Revenge Bedtime Procrastination, Alasan Kita Menunda Tidur

Selain self-care, terkadang konseling juga penting untuk membantumu menjaga kondisi kesehatan mental. Jangan ragu untuk mulai melakukan konseling jika kita merasa hal ini diperlukan. Kalmselor di Aplikasi KALM siap membekalimu dengan berbagai skills untuk membantumu berfungsi secara optimal. Unduh aplikasi KALM di sini (download link) untuk memulai konseling!

 

Penulis: Rachma Fitria

Editor: Lukas Limanjaya

Sumber:

Raypole, C. (2020, June 13). How to make a self-care checklist. Healthline. Retrieved from: https://www.healthline.com/health/self-care-checklist

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...