Anti Stres Menyelesaikan Tugas dengan Teknik Time Management

Description

KALMers mungkin sering merasa ingin cepat-cepat menyelesaikan tugas namun kesulitan untuk tetap fokus. Keinginan untuk scrolling media sosial atau mengobrol dengan orang di sekitar sering mengganggu dan menjadi hambatan dalam menyelesaikan tugas. Akhirnya tugas menjadi tidak selesai dan justru stres semakin meningkat, deh.

Apakah KALMers adalah salah satu orang yang mengalami hal tersebut? Kalau iya, KALM akan memberikan beberapa tips yang akan mempermudah kamu menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien sehingga kamu dapat meminimalisir kemungkinan stres. Simak artikel ini sampai habis!

Teknik-Teknik Untuk Menyelesaikan Tugas

Berikut adalah beberapa teknik yang bisa kamu coba untuk bisa menyelesaikan tugas, KALMers! Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Teknik Pomodoro

Teknik ini diciptakan oleh seorang entrepreneur dan penulis bernama Francesco Cirillo. Pomodoro  menggunakan timer sebagai penanda pembagian waktu agar kamu tetap ingat waktu untuk istirahat di sela mengerjakan tugas. Berikut cara melakukan teknik Pomodoro:

  1. Pilih tugas yang ingin kamu selesaikan saat ini.
  2. Pasang timer selama 25 menit, ingatkan diri bahwa dalam 25 menit ke depan kamu akan fokus mengerjakan tugas dan tidak boleh melakukan hal lainnya.
  3. Fokuskan diri untuk melakukan tugas yang harus dikerjakan.
  4. Ketika timer berbunyi, beri tanda centang pada bagian tugas yang baru saja kamu selesaikan.
  5. Istirahat sejenak selama 3-5 menit. Kamu bisa gunakan waktu ini untuk minum, meregangkan otot sejenak, atau ke kamar mandi.
  6. Lakukan kembali tahap 2-5.
  7. Setelah kamu melakukan pengulangan sebanyak 4x, KALMers dapat beristirahat lebih lama, sekitar 20-30 menit dan begitu seterusnya.
Eisenhower Matrix

Metode yang juga dikenal dengan “Urgent-Important Matrix” ini diciptakan oleh Dwight Eisenhower ketika ia menjadi komandan dalam Perang Dunia II kemudian dipopulerkan oleh Stephen Covey. Teknik ini berfokus untuk menentukan prioritas dan produktivitas, KALMers! Jika kamu seorang pemimpin atau seorang critical thinkersteknik Eisenhower ini mungkin akan cocok untukmu. Cara untuk melakukannya sangat mudah. Kamu hanya perlu membagi setiap tugas menjadi 4 bagian, yaitu :

  1. Pertama, bagian tugas yang penting dan mendesak adalah tugas yang perlu kamu selesaikan dahulu.
  2. Kemudian, tugas yang penting namun tidak mendesak bisa dikerjakan setelah bagian pertama selesai.
  3. Bagian tugas yang mendesak namun tidak penting dapat didelegasikan pada rekan kerjamu.
  4. Terakhir, bagian tugas yang tidak penting dan tidak mendesak, dapat kamu singkirkan terlebih dahulu dan dikerjakan di akhir.
Metode Getting Things Done (GTD)

Metode ini akan membantumu merencanakan proses pengerjaan tugas dengan membaginya menjadi langkah-langkah kecil. Dibuat oleh penulis David Allen, teknik ini direkomendasikan untukmu yang kesulitan untuk fokus dan merasa kewalahan dengan tugas sehari-harinya. Kamu dapat melakukan 5 langkah ini untuk melakukan metode GTD :

  1. Tangkap ide-ide mengenai tugas ataupun hal-hal yang terlintas dalam pikiran dengan menuliskannya.
  2. Proses ide-ide tersebut. Jika memungkinkan untuk dilakukan, tentukan apakah kamu bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan orang lain.
  3. Susun skala prioritas untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
  4. Review kembali daftar tugas dan skala prioritas yang sudah dibuat, paling tidak 1x dalam seminggu.
  5. Libatkan diri untuk menyelesaikan daftar tugas yang ada.

Masih banyak metode mengatur waktu lain yang dapat dilakukan untuk meminimalisir stres. Berbagai teknik yang dibahas di atas juga bisa kamu modifikasi dan kolaborasikan sesuai kebutuhanmu.

Cek tingkat stres dan burnout-mu di sini: Berapa Tingkat Stresmu Saat ini? dan Apakah Kamu Sedang Burnout?

Jika kamu mulai merasa stres dan kesulitan mengatur waktu, tidak ada salahnya meminta bantuan profesional, lho! Kamu dapat menghubungi Kalmselor melalui Aplikasi KALM untuk mengkonsultasikan masalah-masalah yang sedang dihadapi. Kalmselor akan membantumu menemukan cara yang sesuai untuk mengatasi masalahmu. Unduh Aplikasi KALM di sini atau cek daftar Kalmselor di KALM di sini!

 

Penulis: Nadya Anindita

Editor: Rachma Fitria & Lukas Limanjaya

Sumber:

Daniel. (2014, September 19). 10 Popular Time Management Techniques. Boost. Retrieved from : https://www.brightpod.com/boost/10-popular-time-management-techniques

Kos,Blaz. (2020, Agustus 17). The Ultimate List: 58 Time Management Techniques & Our Top 10 Picks (with mindmap). Spica. Retrieved from : https://www.spica.com/blog/time-management-techniques#pomodoro?ajs_aid=2a9bd303-8f87-4b4b-b00e-745c25c50b7a

University of St.Augustine for Health Science. (2019, Oktober). 9 Proven Time Management Techniques and Tools. Retrieved from : https://www.usa.edu/blog/time-management-techniques/

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...