Caramu Membantu Mereka yang Mengalami Pelecehan Seksual

Description

KALMers, belakangan kasus pelecehan seksual semakin marak diperbincangkan. Rendahnya perlindungan hukum terhadap korban pelecehan seksual, bahkan stigma dan diskriminasi, membuat korban enggan mencari pertolongan. Alih-alih mendapat pertolongan yang diperlukan, korban malah menanggung trauma dan rasa malu sendirian akibat kurangnya dukungan dari orang sekitar.

Lalu mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana kita bisa membantu mereka yang menjadi korban pelecehan seksual? Yuk, bersama kita mengedukasi diri lewat artikel KALM kali ini!

Baca juga: Ketika Kita Mengalami Pelecehan SeksualCerita Kalmselor: Efek Catcalling pada Psikologis Korban!, dan Pelaku Kekerasan Seksual Kok Diberi Panggung?

Dampak Pelecehan Seksual pada Korban

Dampak kekerasan seksual jauh melampaui cedera fisik. Trauma diperkosa atau diserang secara seksual dapat menghancurkan mental korban, membuat mereka merasa takut, malu, dan sendirian. Tidak hanya itu, trauma akibat kilas balik kenangan tidak menyenangkan dan dihantui mimpi buruk juga merupakan dampak jangka panjang yang bisa terjadi. Dunia tidak terasa seperti tempat yang aman lagi bagi korban. Mereka tidak lagi mempercayai orang lain, bahkan dirinya sendiri. Selain itu mereka mungkin juga menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi atau percaya bahwa dirinya “kotor”. PTSD, kecemasan, dan depresi pun bukan tidak mungkin mereka alami.

Caramu Membantu Mereka

Sebagian besar penyintas pelecehan seksual akan menceritakan pengalaman tidak menyenangkannya itu kepada setidaknya satu orang, biasanya teman. Kamu mungkin tidak dapat menyelamatkan temanmu atau memecahkan masalahnya. Tetapi dukunganmu dapat memengaruhi proses penyembuhan mereka.

1. Ciptakan Kondisi Aman

Bagian penting dalam membantu korban pelecehan seksual adalah membantu mereka menciptakan rasa aman secara fisik dan emosional. Tanyakan kepadanya apa yang akan membuat mereka merasa aman dan bagaimana caramu dapat membantu mereka.

2. Dengarkan dan Dukung

Tidak ada yang siap ketika seorang teman memberitahumu bahwa mereka menjadi korban pelecehan seksual. Kamu mungkin tidak dapat menyelesaikan masalah mereka, tapi Kamu bisa memberikan dukungan. Dukungan dan pengertian sangat penting bagi mereka. Dibutuhkan banyak keberanian bagi seorang penyintas untuk berbagi pengalaman mereka, jadi cobalah untuk menyediakan suasana yang aman/tidak menghakimi, kenyamanan emosional, dan dukungan bagi penyintas untuk mengungkapkan perasaan.

3. Percayai Cerita Mereka

Alasan paling umum korban memilih untuk tidak memberitahu siapa pun tentang pelecehan seksual yang ia alami adalah ketakutan bahwa pendengar tidak akan mempercayainya. Jadi jika seseorang bercerita padamu, itu karena ia mempercayaimu. Sebagai balasannya, tolong percaya dan dengar cerita mereka juga.

Singkirkan pertanyaan seperti, “Kok bisa?”. Tugasmu adalah mendukungnya. Berhati-hatilah untuk tidak menafsirkan ketenangan sebagai tanda bahwa peristiwa itu tidak terjadi atau berarti ia berbohong. Setiap orang merespons peristiwa traumatis secara berbeda. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menerima dan mendengarkan mereka.

4. Yakinkan bahwa Mereka Tidak Salah

Korban mungkin menyalahkan diri mereka sendiri atas apa yang dialaminya, pastikan kamu meyakinkan bahwa itu tidak benar. Pelecehan seksual tidak pernah merupakan kesalahan korban/penyintas. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang ingin dilecehkan secara seksual tidak peduli apa pun yang mereka kenakan, katakan, atau lakukan. Pelaku lah yang salah.

5. Sarankan Bantuan Profesional

Ingatlah bahwa kamu tidak sendiri. Jika kamu merasa kewalahan membantu temanmu, kamu bisa menyarankan supaya ia menghubungi pihak profesional di bidang kesehatan mental mengingat dampak psikologis yang mungkin dialaminya selepas kejadian. Konseling dan perawatan kesehatan mental dapat membantunya.

Kalmselor di KALM siap membantu kamu dan/atau orang terdekatmu memproses emosi dan dampak psikologis akibat pelecehan seksual. Cek daftar Kalmselor di https://get-kalm.com/id/daftar-konselor/ untuk memilih dengan siapa kamu ingin melakukan konseling. Kemudian download aplikasi KALM melalui link berikut (ini) untuk memulai konselingmu!

 

Ditulis oleh: Rachma Fitria

Ditinjau secara psikologis oleh: Karina Negara

Diedit oleh: Lukas Limanjaya

Sumber:

The University of New Hampshire Sexual Harassment & Rape Prevention Program. (n.d). Helping a friend. https://www.unh.edu/sharpp/helping-friend

Smith, M., Segal, J. (2021, November). Recovering from rape and sexual trauma. HelpGuide. https://www.helpguide.org/articles/ptsd-trauma/recovering-from-rape-and-sexual-trauma.htm

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...