Kalmselor Khairi Wardi: Mengenal Lebih Jauh Tentang Hipnoterapi

Description

KALMers! Ingat kan kalau di setiap bulannya KALM akan ada artikel Kalmselor of the Month? Udah tahu belum siapa saja Kalmselor of the Month bulan Desember ini? Kalau belum berarti kamu harus lebih rajin pantengin Instagram dan Aplikasi KALM, nih!

Baca juga: Kalmselor Grace: Tentang Gangguan Kepribadian & Tips Buat Overthinker dan Dari Perjalanan Melawan Stigma hingga Tips Untukmu yang Insecure (Kalmselor of the Month: Vensi Gunawinata)

Langsung saja kita mulai Kalmselor of the Month bulan ini dengan salah satu Kalmselor favoritnya KALMers! Hayo siapa? Kalmselor yang satu ini berasal dari Lombok, lho KALMers!

Kenalan sama Kalmselor Khairi Wardi

Siapa yang sudah pernah konseling sama Kalmselor Khairi Wardi? Konselor sekaligus praktisi Hipnoterapis Klinis ini sudah bergabung di KALM sejak tahun 2019, lho KALMers! Ia mengaku betah berpraktik melalui Aplikasi KALM karena dirasa lebih fleksibel tanpa harus terikat oleh waktu dan tempat. Jadi ia bisa menjangkau dan membantu lebih banyak klien, bahkan yang dari luar Lombok.

Buat KALMers yang mau melakukan konseling dengan Kalmselor Khairi Wardi bisa langsung unduh Aplikasi KALM (di sini) dan masukkan Kode Kalmselor KHA-429, ya KALMers!

Apa itu Hipnoterapi?

Nah, karena salah satu spesialisasi Kalmselor Khairi Wardi adalah hipnoterapi, KALM banyak ngobrol-ngobrol tentang hipnoterapi ini. Kamu penasaran juga nggak, KALMers?

Hipnoterapi adalah salah satu metode terapi dengan cara relaksasi dengan tujuan agar klien bisa mencapai kondisi alam bawah sadar yang mendalam. Dalam kondisi ini terapis akan menggali akar masalah psikologis yang dialami klien dan juga memberikan sugesti positif. Sugesti diberikan untuk mengubah perilaku yang dapat membantu klien mengatasi masalah. Misalnya pada kasus fobia berbicara di depan umum, kamu akan disugesti untuk belajar mempercayai diri dan kemampuanmu sehingga lebih berani  berbicara di depan umum.

Kalmselor Khairi Wardi memilih spesialisasi hipnoterapi karena metode ini merupakan salah satu jenis terapi yang mempunyai efek signifikan dalam mengatasi permasalahan klien. Beberapa permasalahan yang bisa ditangani dengan metode ini adalah fobia, stres, serta gangguan kecemasan dan emosi.

Bukan Ilmu Hitam!

Hipnoterapi sering disalahpahami sebagai ilmu hitam yang digunakan sebagai alat kejahatan agar korban tidak sadar yang menuruti keinginan orang yang menghipnotis. Hal itu tidak benar, ya KALMers!

Menurut Kalmselor Khairi Wardi, orang yang di bawah hipnotis itu masih dalam keadaan sadar dan masih bisa mendengar sugesti. Mereka ada di gelombang otak trance level Theta, jadi masih bisa mendengar bahkan sepenuhnya bisa mengendalikan apa yang ingin dikatakan dan dilakukan. Berbeda dengan orang yang tidur pulas, ia tidak sadar dan tidak bisa disugesti karena sudah masuk dalam gelombang otak Delta.

“Selain itu, proses hipnoterapi ini juga hanya bisa dilakukan kalau ada izin dari klien. Jadi tidak perlu khawatir. Kami sebagai hipnoterapis tidak bisa bertindak sewenang-wenang karena juga memiliki kode etik yang harus dijaga,” jelasnya.

Hal yang Perlu Dipersiapkan?

Setelah mendengar penjelasan Kalmselor Khairi Wardi kamu mungkin jadi ingin mencoba metode ini. Nah, beberapa hal berikut yang bisa dipersiapkan:

  1. Pastikan hipnoterapis yang akan menangani permasalahmu berlisensi, seperti Kalmselor Khairi Wardi.
  2. Pastikan hipnoterapis bisa menangani jenis permasalahan yang kamu hadapi, misal fobia, trauma, stres, atau gangguan kecemasan.
  3. Istirahat yang cukup sebelum sesi hipnoterapi agar kamu tidak tertidur saat sesi berlangsung.

Selain itu faktor IQ juga bisa berpengaruh dalam proses hipnoterapi. Orang dengan IQ di bawah rata-rata atau memiliki kecenderungan gangguan psikotik akan sulit menerima hipnoterapi karena kemampuan menerima sugesti yang kurang.

Nah, sekian pembahasan mengenai hipnoterapi bersama Kalmselor of the Month Khairi Wardi. Jika masih penasaran, kamu bisa memastikan dan bertanya lebih lanjut lewat konseling di Aplikasi KALM, ya KALMers.

Pesan Kalmselor Khairi Wardi buat KALMers

Dengan konseling, KALMers bisa memahami masalah yang dihadapi, bisa menjadi tempat cerita atau sharing, dan mencari solusi bersama. Kalau dihadapi bersama, masalah akan terasa ringan, kan? KALMers tidak perlu khawatir untuk konsultasi bersama KALM, karena rahasiamu akan terjamin dan ditangani oleh Konselor dan Psikolog profesional dan ramah.

 

Penulis: Rachma Fitria

Editor: Lukas Limanjaya

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...