KALM Town Hall Meeting: Bedah Praktik Konseling Online Bersama Kalmselor

Description

Jakarta, 8 Januari 2022 — KALM kembali menggelar Town Hall Meeting dan webinar untuk para Kalmselor pada hari Sabtu, 8 Januari 2022 kemarin, nih KALMers. Hal ini rutin dilakukan sebagai bentuk komitmen KALM dalam peningkatan kualitas dan profesionalitas Kalmselornya. Kali ini, KALM bersama para Kalmselor membahas lebih jauh tentang praktik konseling onlinelho!

Ini merupakan kali ketiga KALM mengadakan Town Hall Meeting. Sebelumnya, KALM bekerja sama dengan Unbound juga mengadakan training mengenai Human Trafficking dalam rangka menambah kompetensi Kalmselor KALM. Nah, tak jauh berbeda dengan itu, webinar praktik konseling online ini juga diharapkan dapat me-refresh ilmu-ilmu yang sudah dimiliki dan memberi insight baru ketika melayani KALMers dalam sesi konseling.

Baca juga: KALM Jaga Kualitas Kalmselor Lewat Town Hall Meeting dan KALM Ungkap Kepedulian Isu Sosial Lewat Human Trafficking Training untuk Kalmselor

Penasaran apa saja yang dibahas dalam acara kemarin? Yuk simak terus sampai akhir ya!

Modal Kalmselor dalam Konseling Online

KALM mengerti betul, selain penguasaan keterampilan dasar konseling, pemahaman mengenai general counseling process juga merupakan modal yang harus dimiliki oleh para Kalmselor. Oleh karena itu, Kalmselor’s Coordinator Wenny Aidina sebagai moderator dan Kalmselor’s Coordinator Cut Maghfirah Faisal sebagai pemateri dalam webinar ini menjelaskan lebih mendalam tentang tahapan general counseling processPenjelasan ini juga disertai dengan  contoh kendala-kendala nyata yang biasanya dialami para Kalmselor selama proses konseling online, sehingga memberi gambaran konkret untuk mengantisipasi kendala yang mungkin terjadi nantinya.

Kemudian selain itu sharing session juga dilakukan oleh Kalmselor Larasati Margaretha sebagai “Kalmselor of the Year 2021”. Sharing ini membuka insighbaru bagi Kalmselor lainnya mengenai kendala yang terjadi dalam konseling serta tips untuk mengatasinya. Tak lupa pula KALM mengingatkan kepada para Kalmselor untuk memberikan pelayanan sesuai dengan SOP dalam setiap proses konseling.

Nah, rasanya kurang ya kalau tidak mengumumkan Kalmselor of the Month bulan Januari pilihan KALMers. Siapa aja ya kira-kira Kalmselor favorit KALMers kali ini? Cek daftar di bawah ya!

  1. Elaine Novieany (ELA-339)
  2. Reisha Hermana (REI-781)
  3. Kadek Pipit Puspita (KAD-823)

Selamat kepada para Kalmselor of the Month bulan Januari! Catet kode kalmselornya untuk segera konseling di Aplikasi KALM (download di sini), ya KALMers! Jangan lupa juga nantikan artikel mereka yang akan dirilis bulan Januari ini ya!

Feedback Positif dari para Kalmselor

Tak hanya sampai di situ, KALM juga menampung saran, pesan, dan kesan dari para Kalmselor di setiap acara yang diselenggarakan. Hal ini tentu dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan bahan evaluasi untuk memenuhi kebutuhan para Kalmselor terkait dengan skill dan wawasan.

Senang sekali rasanya karena pada acara ini KALM banyak mendapat feedback positif. Kalmselor Elaine Novieany mengatakan, “Materi baik dan dapat dimengerti. Terdapat sharing juga dari kalmselor lain sehingga banyak mendapatkan insight baru.” Selain itu, Kalmselor Yulia Dyah juga mengaku merasa puas karena ekspektasinya dalam webinar ini tercapai, “Sangat bermanfaat, dapat menambah motivasi untuk dapat memberikan pelayanan yg lebih baik,” ujarnya. 

Kalmselor Angellia Lestari juga mengutarakan bahwa ia merasa webinar kali ini sangat bermanfaat, “Banyak hal-hal praktis yang bisa segera diterapkan. Misalkan langsung mendapatkan cara goal setting dan steps-nya juga jelas.” Tak hanya itu, Kalmselor Maria Goretti juga merasa terbantu dengan adanya webinar ini, “Ada detail petunjuk konseling berikut contohnya yang sangat membantu agar saya bisa menyediakan layanan dengan lebih optimal.” Dan masih banyak lagi feedback-feedback positif dari para Kalmselor yang telah berpartisipasi dalam Town Hall Meeting dan Webinar kemarin. Wah! Terima kasih Kalmselors!

Nah itu tadi kilas balik acara kali ini, semoga bisa menambah motivasi untuk terus mengasah skill dan memberi layanan terbaik ya, Kalmselors! 

 

Penulis: Putri Rahma S

Editor: Lukas Limanjaya

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...