5 Rekomendasi Lagu ‘Self-Healing’ untuk Menemanimu

Description

KALMers, lagu apa yang menjadi andalan untuk menemanimu ketika kamu merasa sedih dan tidak nyaman? Lagu dapat menjadi salah satu media yang membantu kita merasakan apa yang sepatutnya dirasakan lho, KALMers! Apalagi ketika kamu sedang menjalani proses healing. Lagu yang memberi efek healing bisa membantumu jujur terhadap perasaanmu sendiri.

Nah, berikut 5 lagu pilihan KALM yang dapat membantumu menenangkan hati. Yuk disimak! 

1. Membasuh – Hindia ft. Rara Sekar (2019)

Kolaborasi yang apik dari Hindia dan Rara Sekar membawakan sebuah lagu sarat makna yang dapat menemani KALMers untuk menyembuhkan perasaan tidak nyaman yang dirasakan. Lantunan musik yang tenang dan lirik yang mudah dipahami menjadi salah satu daya tarik lagu ini. 

“Telah ku sadar hidup bukanlah

Perihal mengambil yang kau tebar

Sedikit air yang kupunya

Milikmu juga bersama.”

Potongan lirik di atas merupakan salah satu pesan yang dibawa oleh lagu ini, yaitu untuk saling memberi tanpa pamrih dan tidak mengharapkan balasan atas apa yang telah kita beri. 

2. Should Have Known Better – Sufjan Steven (2015)

Lagu yang dirilis pada tahun 2015 ini secara garis besar merupakan bentuk ekspresi Sufjan yang merasa bahwa ia tidak membiarkan dirinya berduka secara sebagaimana mestinya atas kematian sang Ibu, Carrie. 

“I should have wrote a letter

And grieve what I happen to grieve.”

Dalam kutipan lagu ini, Sufjan mencurahkan penyesalannya terhadap reaksi awalnya terhadap kematian ibunya. Bisa dibilang, hampir semua lagu di album Carrie & Lowell milik Sufjan Steven menceritakan tentang perjalanan duka atas kematian ibunya, Carrie dan dan hubungan antara Stevens dan suami kedua Carrie, Lowell Brams.  Lagu ini membawa pesan bahwa kita harus merasakan apa yang sepatutnya dirasakan, baik duka, cemas, maupun sedih. Sangat cocok menjadi lagu healing, bukan?

3. Laila – Monita Tahalea (2020)

Laila merupakan lagu yang dirilis pada 2020 dan masuk ke dalam album Dari Balik Jendela. Monita menuturkan arti Laila, yaitu malam melalui kanal YouTube Rans Music.  “Ada malam yang kita lalui dengan mencari, ada malam yang kita lalui dengan menemukan. Ada malam yang kita lalui dengan menangis, ada malam yang kita lalui dengan tertawa. Tapi malam yang kita lalui dengan doa, nggak akan berlalu dengan sia-sia. Jadi, semoga temen-temen melalui apa pun, akan selalu menemukan pengharapan itu,” tukas Monita.

“Bersukalah dalam pengharapan

Sabar dalam kesesakan

Dan berteguhlah di dalam doa

Berpeganglah kau, jiwaku.”

Dalam lagu ini, Monita mengutip isi dari Alkitab yang mengajak kita untuk berdoa, sebab doa dapat menguatkan untuk menghadapi kondisi yang tidak diinginkan. Apapun agama ataupun kepercayaan kita, KALM percaya doa dapat menjadi sumber kekuatan kita. Bagi KALMers yang sedang merasakan malam-malam yang berat, lagu ini bisa menjadi teman yang dapat menenangkan hati. 

4. Lagu Ibu – Gardika Gigih (2020)

Lagu yang dirilis pada tahun 2020 ini merupakan lagu instrumental yang digunakan sebagai scoring pada salah satu film pendek yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja, yaitu Lemantun. Lantunan musik yang menenangkan dan diisi dengan denting piano yang mendominasi ini membuat vibes lagu ini semakin indah untuk didengar. Lagu Ibu merupakan lagu yang ditulis dan diaransemen dengan sederhana oleh Gardika Gigih yang berhasil menghadirkan nuansa teduh dan menyentuh.

5. Hug All Your Friends – Cavetown (2019)

Diawali dengan lantunan melodi yang tenang dan menyenangkan, lagu ini mengingatkan kita untuk mengekspresikan kasih sayang kita kepada teman melalui pelukan, begitupun sebaliknya. Video musik dari lagu Hug All Your Friend menampilkan berbagai pelukan yang ditujukan sebagai bentuk kasih sayang bagi teman. 

“Life’s too short to worry about things that we got wrong

So hug all your friends and let them know

You’re not letting go

I won’t let go.”

Kutipan di atas merupakan kutipan dari lagu Hug All Your Friends nih, KALMers. Apakah menonton video musik membuatmu ingin memeluk temanmu juga?

Bagaimana menurutmu, KALMers? Adakah lagu yang menemanimu untuk self-healingNamun, perlu diingat apabila kamu sudah merasa kewalahan untuk mengatasi perasaan-perasaan tidak nyamanmu sendirian, bantuan profesional juga tetap dibutuhkan, KALMers!

Jika kamu merasa membutuhkan bantuan dalam mengatasi perasaan tidak nyaman, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Kalmselor di Aplikasi KALM (unduh aplikasinya di sini). Kalmselor akan membantu kamu mengatasi kesulitan-kesulitan yang kamu alami. Kalmselor akan membekalimu berbagai skills untuk membuat batasan yang sehat. Di Aplikasi KALM kamu juga bisa memilih dengan siapa kamu akan konseling, lho! Cek daftar Kalmselor di https://get-kalm.com/id/daftar-konselor/ dan segera mulai konselingmu!

Penulis: Dzulfani S Nisa

Editor: Lukas Limanjaya

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...