Kalmselor Patriavi: Bisa Menerawang Kepribadian Lewat Tulisan Tangan?

Description

Setelah minggu kemarin kita sudah membahas panic attack bersama Kalmselor Meity, kali ini giliran Kalmselor Patriavi yang mau berbagi cerita, nih KALMers. Kamu pernah dengar tentang grafologi atau analisis tulisan tangan? Penasaran nggak sih, gimana cara kerjanya? Kalmselor Patriavi akan jelasin di artikel kali ini! Jadi simak sampai akhir, ya!

Baca juga: Kalmselor Meity: Cek! Ini Bedanya Panic Attack dan Gangguan Panik dan Kalmselor Reisha: Mengejar Bahagia Atau Makna Hidup, Apa Bedanya?

Kenalan sama Kalmselor Patriavi

Kalmselor Avi atau bernama lengkap Patriavi Nuansari Rathri adalah salah satu Konselor yang sudah berpraktik di KALM sejak tahun 2019, KALMers! Dalam praktiknya, Kalmselor Patriavi terbiasa menangani permasalahan stres dan gangguan mood, KALMers. Jadi buat kamu yang mau berkonsultasi dengan Kalmselor Patriavi terkait permasalahan tersebut bisa langsung unduh aplikasi KALM (di sini), ya!

Kata Kalmselor Patriavi Soal Grafologi

Buat kamu yang belum tahu, handwriting analysis atau biasa disebut dengan grafologi adalah ilmu yang mempelajari tentang analisis kepribadian seseorang dari tulisan tangan, gambar (doodle), serta tanda tangannya, KALMers. Grafolog akan memberikan penilaian kepribadian berdasarkan ciri-ciri khusus pada tulisan tangan. Nah, Kalmselor Patriavi adalah salah satu praktisi di bidang grafologi ini, lho! Siapa nih, yang mau dianalisis tulisan tangannya sama Kalmselor Patriavi?

Seberapa Valid sih Handwriting Analysis ini?

Banyak orang yang masih memandang sebelah mata soal handwriting analysis ini karena masih dianggap sebagai pseudoscience. Tapi ternyata ilmu ini sudah memiliki beberapa riset dan jurnal penelitiannya, lho KALMers.

Handwriting analysis ini sebetulnya telah memiliki riset mendalam yang dilakukan oleh Dr. Erika Karohs. Beliau memiliki buku dan jurnal-jurnal terpublikasi mengenai karakteristik tulisan tangan. Bahkan, di USA validitas dari grafologi sudah diakui dan digunakan untuk tes grafis pada bidang medis maupun forensik,” tambah Kalmselor Patriavi.

Di Indonesia sendiri, handwriting analysis memiliki sekolah kursus tersendiri, yaitu KAROHS International School. Sekolah kursus ini sudah terdaftar di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk bisa lulus dan menjadi ahli di bidang ini juga ada tesnya.

Memangnya Bisa Analisis Kepribadian?

Menurut Kalmselor Patriavi, handwriting analysis ini biasanya digunakan untuk mengetahui kepribadian klien dari segi subconscious mereka. Klien tidak dapat memanipulasi sifat asli mereka karena akan terlihat dalam tulisan tangannya. Pada ilmu psikologi, handwriting analysis dapat dijadikan assessment awal dalam menganalisis kepribadian klien, pandangan klien terhadap hubungan keluarga, pemikiran klien saat ini, pandangan klien mengenai masa lalu dan masa depan, potensi kelebihan dan kekurangan klien, kecenderungan permasalahan emosi klien, hingga pandangan klien mengenai hubungan romantis.

Pada handwriting analysis, grafolog akan menganalisis karakteristik huruf dari A-Z, penekanan pada setiap kata maupun kalimat, kemiringan tulisan, tarikan tulisan, sudut tulisan, dan ukuran tulisan. Selain analisis tulisan tangan juga ada doodling test. Doodling test digunakan sebagai informasi pelengkap dari tulisan tangan. Jadi, setelah grafolog selesai menganalisis tulisan tangan klien, ia akan meminta klien untuk melakukan doodle test untuk mengkonfirmasi interpretasinya.

Penasaran Artinya!

Nah, buat kamu yang penasaran, Kalmselor Patriavi akan kasih kamu contoh yang bisa dipraktikkan sendiri, nih.

Coba kamu tulis nama lengkapmu di selembar kertas dengan menggunakan pulpen/pensil. Jika sudah, coba raba bagian belakangnya. Nah, kalau tulisanmu terasa artinya kemungkinan kamu memiliki energi yang cukup besar, tegas, memiliki daya juang tinggi, dan cocok dengan pekerjaan yang mengutamakan fisik/tenaga yang besar. Namun, kalau tulisan tanganmu tidak terasa, artinya kemungkinan kamu memiliki energi fisik yang cukup rendah, lembut, konsentrasi tinggi, dan lebih cocok untuk bekerja di tempat yang minim tenaga fisik.

Seru, ya. Bagaimana hasil tulisanmu, KALMers?

Perlu diingat bahwa hasil tersebut bukanlah satu-satunya penentu kepribadianmu, ya. Analisis kepribadian lewat grafologi tidak bisa hanya menggunakan satu aspek pengamatan saja.

Jika kamu ingin tahu lebih dalam soal grafologi ini atau tertarik untuk mencobanya langsung, kamu bisa banget untuk berkonsultasi dengan Kalmselor Patriavi lewat Aplikasi KALM. Jangan lupa masukkan kode kalmselor PAT-376 untuk terhubung langsung dengan Kalmselor Patriavi, ya!

Pesan untuk KALMers

Konseling memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan mental KALMers, karena konseling memberimu safe place untuk mengekspresikan emosi-emosi yang dirasakan, menggali masalah dan mencari solusinya, serta meningkatkan well-being dan kesehatan fisik juga.

 

Penulis: Rachma Fitria

Editor: Lukas Limanjaya

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...