Talkshow KALM x KPMG: Let’s Talk About Self Love

Description

Jakarta, 14 Februari 2022 — KALMers, minggu lalu, Co-founder KALM, Karina Negara, mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembicara di acara spesial Hari Valentine yang diadakan oleh KPMG Indonesia, lho! Buat kamu yang belum tahu, KPMG Indonesia merupakan organisasi global firma jasa profesional independen yang menyediakan jasa audit, pajak, dan konsultasi, KALMers. Di acara yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam ini, KALM dan KPMG membahas mengenai self-love, terutama dalam setting profesional.

Kamu penasaran dengan acara ini? Berikut rangkuman, yuk disimak!

Kenal Diri Sebelum Cinta Diri

Pada talkshow kali ini, Karina Negara mengawali sesi dengan mengajak audience untuk mengenali hal yang mereka suka dan tidak sukai. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berupa pertanyaan seputar warna kesukaan, preferensi temperatur, nomor kesukaan, dll. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditujukan agar audience lebih dapat mengenali diri sendiri dan preferensi masing-masing.

“Mengenali dan memahami diri sendiri merupakan salah satu langkah paling awal untuk menerapkan self-love. Dengan memahami diri sendiri dan orang lain, kita dapat mengkomunikasikan kebutuhan dan keinginan kita kepada orang lain secara lebih baik,” tegasnya.

Seberapa Penting sih, Self Love?

Self-love diawali dengan mengetahui apa yang kita butuhkan sehingga kita dapat berusaha untuk memenuhinya. Sebaliknya, Karina mengibaratkan self-hatred menjadi seolah-olah kita hidup dengan orang yang tidak kita kenal atau tidak kita sukai. Di sinilah mengapa self-love menjadi penting.

“Apakah kamu mau tinggal dengan seseorang yang tidak kamu kenal? Mengapa kamu tidak mencoba mengenalnya lebih jauh? Terlebih lagi, ‘kamu’ akan selalu bersamamu”, tutur Karina.

Mau Self Love, Harus Gimana?

Self-love adalah sebuah aksi. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan self-love pada diri sendiri, yaitu:

1. Self-Care

Self-care merupakan salah satu cara yang paling dasar untuk menunjukkan bahwa kita mencintai diri sendiri. Oleh karena itu, menerapkan self-care setiap hari adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang.

2. Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Dengan berkomunikasi secara rutin dengan orang lain, kita akan dapat menjaga relasi dengan orang lain. Menjaga komunikasi juga penting dilakukan dalam setting profesional agar kita dapat memahami keinginan klien.

3. Menerapkan Love Language pada Diri Sendiri

Tidak hanya ditujukan pada pasangan dan orang yang terkasih, love language juga dapat diterapkan pada diri sendiri. Menyambung pada poin pertama, kita membutuhkan self-care yang tepat bagi diri sendiri. Salah satu langkah untuk menemukan self-care yang tepat bagi diri sendiri adalah dengan mengetahui love language apa yang kita miliki. Dengan begitu, kita dapat menerapkan self-care berdasarkan apa yang kita butuhkan bagi diri sendiri.

Jika kamu masih penasaran dengan metode self-care sesuai love language ini, KALM punya artikel eksklusif yang membahasnya, lho KALMers! Artikel “Self Love Languages: Formula Baru Mencintai Diri” ini hanya bisa kamu baca di Aplikasi KALM. Unduh aplikasi KALM di sini untuk baca artikelnya, ya!

Baca juga: Menemukan Ikigai Bersama KALM dan Trauma Healing dengan Memahami & Manage Emosi-mu! (KALM X Guèle)

Itulah tips yang KALM rangkum dari Talkshow KALM untuk KPMG Indonesia. Jika KALMers memiliki komunitas atau organisasi yang ingin bekerja sama dengan KALM berkaitan dengan pelayanan kesehatan mental, kamu bisa hubungi kami di email [email protected] atau lewat media sosial KALM, ya! Layanan KALMporate siap menjadi partner kesehatan mental kamu.

Penulis: Dzulfani S Nisa

Editor: Rachma Fitria & Lukas Limanjaya

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...