Self Love Languages: Formula Baru Mencintai Diri

Description

KALMers, pada artikel sebelumnya kita sudah banyak membahas mengenai bahasa cinta bagi orang lain. Tetapi, tahukah kamu jika love language bisa diterapkan kepada diri sendiri? Nah, kali ini kita akan membahas tentang self-care berdasarkan love language. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Self-Care?

Self-care merupakan kemampuan seorang individu untuk melakukan aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dirinya. Sederhananya, self-care adalah cara seseorang merawat diri dan memperhatikan kebutuhannya sendiri. Self-care dasar dapat mencakup nutrisi fisik, olahraga, tidur, dan kebersihan diri, KALMers.

Mengapa Self-Care Penting?

Self-care yang dilakukan secara benar dapat berdampak positif ke kesehatan fisik dan mental kita secara menyeluruh. Jika berbicara mengenai psikologi, psikologi itu terdiri atas 3P yaitu pikiran, perasaan, dan perilaku. Nah, ketiga aspek inilah yang akan mendapat manfaat langsung dari melakukan self-care:

    • Pikiran kita menjadi lebih tenang dan tajam
    • Perasaan menjadi terasa lebih lega dan lepas
    • Perilaku (tubuh) menjadi lebih segar dan jauh dari masalah kesehatan

Self-care yang paling efektif adalah self-care yang dapat dilakukan setiap hari (do-able daily) dan bisa dilakukan sendirian (do-able alone). Melakukan self-care dengan orang lain, apalagi orang yang disayang, tentunya sangat baik dan menyenangkan. Namun, mungkin ada saja momen di mana mereka tidak bisa menemanimu melakukan self-care. Jadi, supaya rutinitas self-care kamu bisa tetap berjalan, formula do-able daily dan do-able alone adalah yang paling tepat.

Kenapa Self Love Language?

KALMers pasti sudah paham jika semua dari kita memiliki cara masing-masing untuk menerima rasa cinta yang dijelaskan dalam 5 Bahasa Cinta. Nah, Kalmselor sekaligus Co-founder KALM, Karina Negara, menjelaskan bahwa dengan menerapkan self-care yang sesuai dengan love language tersebut, kita akan lebih mudah mencari tahu self-care yang paling tepat bagi diri sendiri, lho! Hal ini dikarenakan, self-care selain berperan untuk memenuhi kebutuhan kita juga merupakan cara untuk memahami dan mencintai diri. Saat self-care yang kita lakukan ini sesuai dengan cara kita menerima cinta, tentu tidak hanya kebutuhan yang terpenuhi, tetapi juga self-love.

Bagaimana Cara Melakukan Self Love Language?

Nah, berikut adalah beberapa tips dari KALM yang dapat diterapkan sesuai dengan love language yang kamu miliki:

1. Words of Affirmation

Seseorang dengan love language ini akan merasa diperhatikan dan disayang jika menerima kalimat-kalimat afirmasi. Oleh karena itu, beberapa tips self-care yang dapat diterapkan adalah: 

  • Journaling 
  • Mengisi gratitude journal setiap hari
  • Membaca buku self-improvement
  • Rutin melakukan self-talk positif
  • Buat list tentang kelebihanmu
2. Quality Time

Seseorang dengan bahasa cinta ini percaya bahwa waktu yang diberikan pasangan adalah bentuk ungkapan rasa cinta yang sesungguhnya. Jadi, dalam penerapannya pada self love language, kamu bisa meluangkan waktu untuk me-time. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan:

  • Meditasi
  • Melakukan atau menemukan hobi baru
  • Menghabiskan waktu di ruang terbuka 
  • Membaca buku 
  • Menonton film favorit
3. Physical Touch

Seseorang dengan love language ini merasakan kasih sayang melalui kedekatan fisik. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan self love language, antara lain:

  • Melakukan skin care routine
  • Pijat, spa, dll.
  • Berolahraga 
  • Tidur yang cukup
  • Makan makanan yang bergizi
4. Acts of Service

Pada love language yang satu ini, seseorang mengekspresikan cinta dengan melakukan hal yang dapat meringankan beban pasangannya. Jika diterapkan pada diri sendiri, self-care yang tepat dilakukan adalah: 

  • Membereskan kamar dan ruang kerja 
  • Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu 
  • Memasak untuk diri sendiri
  • Berdonasi kepada yang membutuhkan
5. Receiving Gift

Receiving gift adalah salah satu love language yang diekspresikan dengan cara memberi hadiah. Selain memberikan hadiah kepada orang lain, kita juga dapat memberikan hadiah kepada diri sendiri. Self-reward namanya, KALMers. Berikut adalah bentuk-bentuk self-reward yang dapat diberikan kepada diri sendiri, yaitu:

  • Memberikan barang yang diinginkan untuk diri sendiri
  • Membeli barang istimewa untuk diri sendiri
  • Berlibur
  • Membeli sesuatu yang berkaitan dengan hobi 

Nah, itu adalah informasi singkat mengenai formula self love language. Semoga artikel ini dapat membantumu mengenali bahasa cinta untuk diri sendiri lebih baik. Bagaimana menurutmu, KALMers? Apa love language yang dapat kamu terapkan bagi diri sendiri?  

Jika kamu masih ragu, atau memiliki kesulitan untuk mengaplikasikan self-care yang paling tepat untuk diri sendiri, jangan ragu untuk menghubungi konselor profesional yang dapat diakses melalui aplikasi KALM (unduh di sini!). Kalmselor akan membantu memberikanmu banyak tips yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kamu. Di Aplikasi KALM kamu juga bisa memilih dengan siapa kamu akan konseling, lho! Cek daftar Kalmselor di https://get-kalm.com/id/daftar-konselor/ dan segera mulai konselingmu!

Berikut beberapa rekomendasi Kalmselor dengan review 'Sangat Baik' dari KALMers di bulan Februari ini:

Kadek Pipit Puspita (KAD-823) —Kalmselor of the Month Januari 2022

Anastasia Nadya Caestara (ANA-585)
Ummi Nabila Azaria (UMM-976)

 

Penulis: Dzulfani S Nisa 

Editor: Rachma Fitria & Lukas Limanjaya

 

Sumber: 

Lam, D. (2020 September 22). The Five Love Languages: How To Care For Yourself Using Your Own Love Language. Tatler. Retrieved from https://www.tatlerasia.com/power-purpose/ideas-education/ph-self-care-five-love-languages

Julianne (2021, April 6). What is Your Self-Care Language? Take The Self-Love Language Quiz. Finding Julianne. Retrieved from https://findingjulianne.com/self-love-language-quiz/

Hogan, B. (2021, December 21). How to Use Your Love Language to Practice Self-Care. She Knows. Retrieved from https://www.sheknows.com/health-and-wellness/articles/2517861/five-love-languages-self-care-tips/ 

World Health Organization. (n.d.) What do we mean by self-care? Sexual and reproductive health. Retrieved from https://www.who.int/reproductivehealth/self-care-interventions/definitions/en/ 

Baca Artikel Lainnya

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...

Sedang Jadi Trend, Kapan Sebaiknya Mengajarkan Anak Dua Bahasa?

Mengajarkan anak dua bahasa atau lebih rasanya saat ini semakin populer dalam dunia parenting, ya KALM Parents. Banyak orangtua ingin anak-anak mereka tumbuh dengan kemampuan berbahasa lebih dari s...