5 Manfaat Menangis: Yuk, Jangan Tahan Air Matamu!

Description

Kapan terakhir kali KALMers menangis? Menangis adalah respon yang wajar dilakukan oleh manusia dalam menanggapi suatu emosi tertentu. Banyak orang yang bilang bahwa menangis menandakan bahwa kita lemah. Padahal, menangis tidak begitu, lho KALMers! Faktanya menangis memberikan banyak manfaat untuk kita. Yuk, kita bahas beberapa manfaat dari menangis!

1. Memberikan Efek Menenangkan Bagi Tubuh

Ketika berusaha mengatur emosi yang dirasakan, menangis sering kali menjadi cara paling efektif untuk menenangkan diri. Menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membantu orang merasa rileks. Sistem saraf tersebut akan membantu tubuhmu untuk beristirahat dan menerima kejadian yang kamu alami.

2. Mendetoksifikasi Tubuh dan Mengurangi Rasa Sakit

Ada tiga jenis air mata yang berbeda, yaitu air mata refleks (reflex tears), air mata yang keluar secara terus-menerus (continuous tears), serta air mata emosional (emotional tears). Air mata refleks biasanya mengalir karena adanya debu dan kotoran yang merangsang mata, sedangkan air mata yang keluar secara terus-menerus membantu melindungi mata dari infeksi. Kedua jenis air mata ini juga meningkatkan kualitas penglihatan.

Nah, jenis air mata emosional sendiri bertugas untuk mengeluarkan hormon-hormon stres dari tubuh, KALMers. Air mata emosional ini akan melepaskan hormon oksitosin dan endorfin yang meringankan rasa sakit. Itulah kenapa kita sering kali merasa lega setelah menangis.

3. Memberi Tahu Orang Lain Apa yang Kamu Rasakan

Menangis bukan hanya bentuk ekspresi emosi sedih. Kamu mungkin juga menangis ketika merasa marah, jengkel, lelah, atau bahkan bahagia dan terharu. Saat merasakan emosi-emosi yang intens kita cenderung kesulitan mengekspresikan apa yang kita rasakan melalui kata-kata, alhasil menangis adalah caranya. Dengan menangis kita bisa memberi tahu orang lain mengenai apa yang kita rasakan.

Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa menangis adalah salah satu bentuk perilaku keterikatan (attachment), karena ia mengumpulkan dukungan dari orang-orang di sekitar kita.

4. Membantu Tidur Lebih Cepat

Melalui berbagai penelitian di dunia, telah ditemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak, sedangkan efek pada orang dewasa belum diteliti dengan jelas. Namun, menilik dari manfaat sebelumnya yang memberikan efek menenangkan dan menghilangkan rasa sakit, menangis dinilai dapat membantu seseorang tertidur lebih mudah. Bagaimana menurut KALMers? Apakah tidurmu jadi lebih mudah setelah menangis?

5. Mengembalikan Kondisi Emosional yang Seimbang

Walaupun menangis sering kali dikaitkan dengan hal-hal yang menyedihkan, namun menangis juga berkaitan dengan emosi lain seperti marah atau bahkan bahagia. Beberapa penelitian di Universitas Yale mengemukakan bahwa menangis dapat membantu memulihkan keseimbangan emosional. Menangis merupakan salah satu cara bagi tubuh kita untuk berusaha menanggapi dan pulih dari gelombang emosi yang kuat.

Bagaimana pendapatmu, KALMers? Setelah mengetahui beberapa manfaat menangis untuk tubuh kita, KALMers bisa mulai berhenti untuk menahan-nahan air mata, ya! Nyatanya, air mata memang secara alamiah memberikan banyak dampak positif bagi tubuh dan pikiran kita. Jika KALMers merasa tertekan atau butuh bantuan secara profesional, jangan ragu untuk menghubungi Kalmselor melalui aplikasi KALM.

Baca juga: Manfaat Bersyukur untuk Kesehatan Jiwamu dan Sedih: Sang Penyelamat

Jangan lewatkan kesempatan menarik untuk check-out voucher konseling dalam rangka promo Shopee 4.4 Sambut Ramadan, ya KALMers! Dengan membeli Voucher Konseling KALM melalui Shopee kamu akan secara otomatis dapat potongan harga spesial ini. Kamu bisa cek akun Instagram KALM @get.kalm untuk informasi selengkapnya dan download aplikasi KALM di sini!

 

Penulis: Tanita

Editor: Rachma Fitria & Lukas Limanjaya

Sumber:

Burgess, L. (October 2017). Eight benefits of crying: Why it's good to shed a few tears. Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/319631

Marcin, A. (April 2017). 9 ways crying may benefit your health. Healthline: https://www.healthline.com/health/benefits-of-crying

Baca Artikel Lainnya

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...

Sedang Jadi Trend, Kapan Sebaiknya Mengajarkan Anak Dua Bahasa?

Mengajarkan anak dua bahasa atau lebih rasanya saat ini semakin populer dalam dunia parenting, ya KALM Parents. Banyak orangtua ingin anak-anak mereka tumbuh dengan kemampuan berbahasa lebih dari s...