3 Kesalahan Pasangan Baru Saat Punya Anak Pertama!

Description

Setelah memiliki anak, kehidupan berumah tangga pastinya tidak lagi sama. Tapi ternyata, banyak juga lho pasangan yang belum tau hal ini. Yuk kita bahas lebih dalam kesalahan yang sering dilakukan karena perubahan-perubahan yang dialami saat punya anak pertama kali.

Hubungan Dengan Pasangan Menjadi Renggang
Kalian bukan lagi sepasang suami istri saja, melainkan sepasang orang tua yang memiliki peran baru, tentunya ini akan berdampak ke hubungan sebagai pasangan. Kesalahannya, kamu bisa saja merasa semakin jauh dengan pasangan karena perhatianmu hanya ke anak. Eits, tapi ini semua bergantung pada bagaimana kalian mengatasi challenge sebagai orang tua baru, kalau saling mengerti satu sama lain, bisa saja hubungan kalian semakin dekat juga lho!

Hanya Persiapan di Awal Saja
Peran baru tentunya membutuhkan adaptasi, mulai dari prioritas waktu, biaya, perhatian, dan tenaga semua teralihkan untuk anak. Proses ini adalah hal yang sangat panjang dan terus menerus, bahkan seumur hidup karena sepanjang anak tumbuh, ada hal baru terus yang kita perlu persiapkan dan pelajari. Hal ini menyebabkan kebutuhan diri masing-masing, ataupun kebiasaan sebagai pasangan terpinggirkan, makanya kalian harus saling support satu sama lain ya, KALMers!

Menggunakan Mindset Saat Belum Menikah
Pastinya karena berhubungan dengan anak, kita harus lebih hati-hati dibandingkan masa kita lajang ataupun saat belum memiliki anak. Kalau dulu belajar sesuatu dan salah adalah konsekuensi sendiri. Kali ini jika ada suatu kesalahan pun itu tidak disengaja, bisa saja melukai atau mencelakakan anak, lumayan serem ya? Makanya sebagai orang tua baru, harus memiliki cara belajar baru juga.

Nah untuk bisa belajar tentang parenting, sebaiknya disiapkan sejak sebelum lahirnya anak. Kenapa begitu? Karena ketika anak sudah lahir, kehidupan orang tua baru akan sangat sibuk. Makanya nih untuk kalian yang sudah berencana / akan memiliki anak, bisa ikut kelas webinar Persiapan Jadi Orang Tua untuk melatih mental dengan baik sejak sekarang! 

Penulis: Emmanuela

Editor: Rachma Fitria

Baca Artikel Lainnya

Ini Tanda Kamu sedang Menjalin Hubungan dengan “Man-child”

Sebelumnya kita sudah pernah mengenal istilah Peter Pan Syndrome yang menggambarkan seseorang laki-laki yang tak ingin tumbuh dewasa. Nah, kali ini KALM akan membahas istilah lain yang menggambarka...

Ini tanda kamu menyimpan luka di hatimu!

Luka di hati pastinya tidak terlihat secara fisik, tapi jelas bisa kamu rasakan. Entah luka tersebut disebabkan karena dihina, diremehkan, dilecehkan, atau hal lain yang membuatmu sakit dan luka te...

Takut dan Cemas Ketemu Keluarga Saat Lebaran?

Hari raya lebaran semakin dekat, pastinya ini menjadi momen spesial karena momen langka untuk keluarga besar dan kerabat berkumpul. Namun ternyata berkumpul bersama keluarga besar dan kerabat tidak...

Temukan topik yang sesuai denganmu

Ikuti update artikel psikologi dari KALM