5 Jurus Lancar Puasa

Description Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadhan lagi, KALMers.

Bagi yang menjalani puasa, bulan ini pasti berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Strategi yang biasanya KALMers lakukan untuk menetralisir emosi negatif, seperti makan dan minum, mungkin saat ini tidak bisa dilakukan. Ketika kita mau curhat pun terkadang kita sudah malas berbicara karena mulut terasa kering dan tubuh lelah. Bingung harus bagaimana. Apalagi kalau strategi kita sampai berisiko mengurangi pahala selama puasa. Jadi bagaimana caranya agar kita tetap dapat mengontrol diri kita sendiri supaya puasa kita bisa lancar sampai hari kemenangan nanti?

Nah, KALM mau berbagi jurus-jurus yang bisa dilakukan agar puasa KALMers lancar:

Jurus Lancar Puasa 1: Berpikir Dua Kali


Tahu nggak KALMers, kalau pada dasarnya kita semua memiliki kemampuan untuk mengontrol diri. Buktinya, ketika kita sedang bertengkar dengan seseorang lalu tiba-tiba menerima telepon dari orang penting, nada bicara kita bisa langsung berubah ramah. Nah, saat berpuasa, ada kalanya tubuh dan pikiran kita yang masih membiasakan diri pada rutinitas yang baru menjadi mudah terpancing oleh situasi yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, kita harus melatih tubuh dan pikiran kita.

Agar lebih tenang dan tidak reaktif ketika menghadapi situasi yang tidak nyaman, ambil waktu untuk diam, tarik napas dalam beberapa kali, lalu pikirkan kembali baik atau tidaknya aksi yang mau kita lakukan. Beri otakmu kesempatan untuk menganalisa keadaan terlebih dahulu. Jangan mudah terpancing oleh emosi sesaat karena rasa tidak nyaman tersebut dapat hilang dengan waktu tanpa harus dilampiaskan pada orang lain. Pause and think, and think again.

Jurus Lancar Puasa 2: Ganti Postur Tubuh


Pernah dengar nggak KALMers, bahwa jika kita merasa dikuasai emosi negatif, mengubah posisi tubuh dapat meredakannya? Misalnya jika kita sedang merasa kesal ketika duduk, ganti postur tubuhmu dengan berdiri dan berjalan-jalan sejenak. Begitupun sebaliknya. Menurut penelitian, ketika kita mengubah posisi tubuh, otak kita akan me-reset proses kerja yang akan mempermudah kita melepaskan emosi negatif dan melihat situasi dengan sudut pandang yang baru.

Jurus Lancar Puasa 3: Teknik Relaksasi


Di bulan puasa ini, KALMers bisa mencoba beberapa teknik relaksasi cepat yang mungkin belum pernah KALMers coba sebelumnya. Salah satunya adalah progressive muscle relaxation di mana KALMers mengepalkan dan mengeraskan tangan sambil berhitung 1 sampai 20. Pada hitungan ke -20 regangkanlah tangan KALMers. KALMers juga bisa melakukan breathing relaxation dengan cara mengatur pernapasan. Tariklah napas dalam-dalam selama 7 hitungan, tahan selama 3 hitungan, lalu hembuskan perlahan selama 6 hitungan.

Jurus Lancar Puasa 4: Orang-Orang Positif


Pernah dengar pepatah yang menyatakan bahwa bila temanmu adalah penjual parfum maka wanginya juga akan melekat pada dirimu? Maksud dari pepatah ini adalah bahwa lingkungan dapat memberi pengaruh besar kepada perilaku dan sifat seseorang. Riset oleh Sourya Acharya dan Samarth Shukla juga mengindikasikan bahwa di dalam otak kita terdapat mirror neuron, atau sel saraf yang dapat membuat kita meniru perilaku yang ditampilkan oleh orang-orang disekitar kita. Oleh karena itu cobalah untuk mengelilingi dirimu dengan orang-orang positif yang dapat memberi pengaruh yang positif juga kepada diri KALMers.

Jurus Lancar Puasa 5: Gratitude Journal


KALMers coba deh menulis jurnal yang berisi hal-hal yang kamu syukuri sebelum tidur. Tidak usah terlalu banyak kok, 2-3 hal saja sudah cukup. Riset tidak hanya menunjukkan bahwa kebiasaan ini dapat membuat kamu lebih bahagia secara keseluruhan, KALMers juga dapat menggunakan jurnal tersebut ketika dikuasai oleh emosi negatif. Buka dan ingat lagi hal-hal baik apa yang telah terjadi pada dirimu sehingga emosi negatif KALMers dapat lebih reda. Menulis Gratitude Journal akan melatih otakmu untuk melihat hal baik dari setiap kejadian. Kalau malas menulis, kamu bisa mengetik saja. Gunakan fitur Gratitude Journal di dalam aplikasi KALM secara gratis! Download aplikasi KALM di sini untuk Android dan disini untuk Apple.

Jangan Malu Untuk Meminta Tolong


Jika kamu sudah melakukan lima jurus lancar puasa di atas namun masih kesulitan mengendalikan diri serta mengelola emosi negatif, jangan ragu untuk minta tolong. Tidak perlu merasa malu atau gengsi untuk bercerita kepada teman atau keluarga yang kamu percayai mengenai kesulitanmu. Mereka mungkin bisa memberikan wejangan yang efektif karena terkadang orang lain dapat melihat dari sudut pandang yang berbeda dari kita. Namun, apabila kita merasa ketidakmampuan mengontrol diri sudah sangat mengganggu atau membahayakan diri kita maupun orang lain, maka cobalah berkonsultasi dengan psikolog atau konselor untuk mendapatkan asesmen dan penanganan lebih lanjut.

Semoga jurus-jurus ini bisa membantu KALMers menjalani puasa dengan lebih tenang dan nyaman, ya.

Selamat berpuasa bagi KALMers yang menjalankannya!

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...