KALM Quiz: Cek & Tingkatkan Kesehatan Mentalmu

Description

KALMers, antara 1 hingga 10, seberapa sehat mentalmu saat ini? Hmm… bingung, ya? Memangnya bagaimana cara kita tahu tingkat kesehatan mental kita? KALM akan membahasnya di artikel ini! Yuk, simak!

Cek Kesehatan Mentalmu di KALM Quiz

Kamu mungkin belum yakin apakah kamu perlu bantuan profesional atau tidak? Atau hanya sekadar ingin memeriksa seberapa tingkat kesehatan mentalmu? Sekarang kamu bisa mengeceknya dengan mudah melalui KALM Quiz: Cek Kesehatan Mental, lho KALMers! Hanya dengan menjawab 10 pertanyaan singkat di kuis, kamu dapat menemukan gambaran tentang kondisimu saat ini dan mendapatkan saran praktis, lho!

Ingin coba? Klik link berikut ini: https://get-kalm.com/id/kalm-quiz/

Mengapa Kesehatan Mental dan Kesejahteraan Psikologis Penting?

Terus kalau sudah tahu memangnya untuk apa? Tahukah KALMers jika orang dengan kesejahteraan psikologis tinggi ternyata lebih mungkin untuk hidup lebih sehat dan lebih lama, lho! Mereka juga lebih mungkin memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Memiliki kesehatan mental yang kuat bukan sekadar tidak memiliki masalah kesehatan mental tertentu, tetapi juga mengacu pada adanya perasaan-perasaan positif dalam diri. Orang dengan kesehatan mental yang baik cenderung:

  • Merasa puas dengan kehidupan
  • Semangat menjalani hidup
  • Memiliki kemampuan untuk mengatasi stres dan bangkit dari kesulitan
  • Berkapasitas mempelajari keterampilan baru dan beradaptasi dengan perubahan
  • Dapat menyeimbangkan antara bekerja, istirahat, dan aktivitas lainnya
  • Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat
  • Cenderung memiliki rasa percaya diri dan harga diri yang tinggi.

Nah, mau nggak, nih hidup dengan kriteria di atas? Bagaimana caranya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Mental

Cara meningkatkan kesehatan mental tentu tidak jauh-jauh dari basic self-care, ya. Karena memang pada dasarnya tujuan dari self-care adalah untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita.

1. Manajemen Stres

Stres sangat merugikan kesehatan mental dan emosional, makanya penting untuk mengendalikannya. Meskipun tidak semua penyebab stres dapat dihindari, manajemen stres dapat membantu mengembalikan keseimbangan diri.

Jadikan waktu luang sebagai prioritas untuk membuatmu merasa rileks. Lakukan kegiatan menyenangkan seperti menonton film, bertemu teman-teman, berjalan-jalan di pantai, mendengarkan musik, atau membaca buku. Istirahat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan stres.

Cek juga tingkat stresmu di sini: https://www.surveymonkey.com/r/KALMlvlStress

2. Jaga Relasi Sosial

Sebagai makhluk sosial, kita akan selalu membutuhkan interaksi dengan orang lain, tidak peduli semandiri apapun kamu. Akan ada saatnya kamu butuh bantuan orang lain, walaupun mungkin hanya untuk sekadar didengarkan. Kamu butuh orang yang secara teratur dapat kamu ajak bicara dan mau mendengarkanmu tanpa penghakiman. Temukan teman yang dapat meluangkan waktunya untukmu.

3. Lakukan Kegiatan Fisik

Pikiran dan tubuh secara intrinsik terkait. Ketika kamu meningkatkan kesehatan fisikmu, secara otomatis kesejahteraan mental dan emosional pun jadi lebih baik. Aktivitas fisik juga melepaskan endorfin, bahan kimia kuat yang mengangkat suasana hati dan memberikan energi tambahan. Olahraga atau aktivitas yang teratur dapat berdampak besar pada masalah kesehatan mental dan emosional, menghilangkan stres, meningkatkan daya ingat, dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

4. Makan Makanan Bernutrisi

Kamu mungkin tidak sadar seberapa berpengaruh makanan yang kamu makan terhadap kesehatan mentalmu selama ini. Tapi nyatanya makanan yang tidak sehat dapat merusak otak dan suasana hati, mengganggu tidur, dan melemahkan sistem kekebalan tubuhmu, lho! Sebaliknya, makanan rendah gula dan kaya lemak sehat dapat memberimu lebih banyak energi, meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati, serta membantu kamu merasakan lebih baik.

Coba ubah pola makanmu menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan yang terbukti meningkatkan mood seperti, tuna dan salmon yang kaya Omega-3, kacang-kacangan, alpukat, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, serta buah-buahan segar.

5. Tidur Cukup

Jika kamu memiliki hari-hari yang padat, mengurangi waktu tidur mungkin tampak seperti langkah yang efektif. Tetapi jika menyangkut kesehatan mental, tidur yang cukup adalah kebutuhan, bukan pilihan. Melewatkan bahkan beberapa jam disana-sini dapat mempengaruhi suasana hati, energi, dan ketajaman mental kamu, KALMers!

6. Temukan Makna dan Tujuan Hidup

Setiap orang mendapatkan makna dan tujuan hidup dengan cara yang berbeda. Entah dengan menjadi bermanfaat bagi orang lain seperti melakukan kegiatan volunteer atau mengejar tujuan pribadi seperti fokus berkarir. Menemukan makna dan tujuan hidup sangat penting untuk kesehatan otak karena dapat membantu menghasilkan sel-sel baru dan menciptakan jalur saraf baru di otak. Ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan, menghilangkan stres, dan membuatmu termotivasi untuk mengejar hal-hal yang membuatmu bahagia.

Nah, jadi begitu KALMers. Kesehatan mental sangat penting supaya kita dapat menjalani kehidupan dengan optimal. Jika kamu merasa kesehatan mentalmu mulai menurun, kamu bisa berbicara dengan Kalmselor di KALM, ya. Kalmselor akan membantu mengidentifikasi berbagai area yang kurang di hidupmu dan membekalimu dengan berbagai skills untuk meningkatkannya. Unduh Aplikasi KALM segera (di sini) dan mulai konseling!

 

Penulis: Rachma Fitria

Psychologically Reviewed: Cut Maghfirah

Editor: Lukas Limanjaya

Sumber:

Smith, M., Segal, R., Robinson, L., Segal, J. (2021, August). Building better mental health. Help Guide. Retrieved from: .https://www.helpguide.org/articles/mental-health/building-better-mental-health.htm

Baca Artikel Lainnya

Bertumbuh Setelah Pulih dari Trauma Menurut Kalmselor Jessica

Peristiwa traumatis memang sebuah pengalaman yang tidak mudah dan sering membuat kita ingin menghapus ingatan tentangnya begitu saja. Tapi menurut Kalmselor Jessica, manusia itu selalu punya kapasi...

Stress Language: Cara Tubuhmu Menanggapi Kondisi Stress

Hai KALMers! Kita semua pasti pernah merasa stres. Tapi, tahukah kamu bahwa stres punya "bahasa" sendiri yang sering kali terlihat dalam cara kita bereaksi? Ketika stres, tubuh dan pikiran kita bis...

Parents, Ketahui Hal ini Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare!

Menitipkan anak ke daycare adalah keputusan besar bagi banyak orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan kerja. Namun, banyaknya kasus tidak menyenangkan yang terjadi di daycare akhir-...